Pelatihan Penggunaan Software Mendeley Yang Dilaksanakan Prodi Hukum Ekonomi Syariah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

  • 12 Oktober 2022
  • 09:32 WITA
  • Administrator
  • Berita

Mendeley adalah aplikasi yang akan membantu mahasiswa dan dosen dalam melakukan penulisan karya tulis ilmiah. Mendeley yaitu program komputer dan web yang diluncurkan Elsevier yang bertujuan mengelolah dan berbagi jurnal penelitian, mencari data penelitian, dan bekerja sama secara online. Salah satu kelebihan aplikasi mendeley yaitu dapat digunakan sebagai teknik menulis referensi. Saat membuat karya tulis ilmiah, referensi yang dicantumkan diketik secara manual sedangkan jika menggunakan aplikasi mendeley hal ini bisa diatasi karena mendeley dapat mempersingkat waktu dalam penyusunan daftar referensi dalam karya tulis ilmiah.

Dalam rangka meningkatkan mutu menulis bagi dosen dan mahasiswa prodi Hukum Ekonomi Syariah UIN Alauddin Makassar maka dilaksanakan Pelatihan penggunaan software Mendeley. Pelatihan ini dilaksanakan di Lt. Fakultas Syariah dan Hukum pada hari rabu,12 Oktober 2022 pukul 09.00 WITA - Selesai. Kegiatan pelatihan mendeley ini dibawakan langsung oleh narasumber Suriyadi, S.H.,M.H. selaku dosen Fakultas Syariah dan Hukum dan Anis, S.Ag.,M.H. selaku Sekjur Prodi Hukum Ekonomi Syariah. Pada kegiatan ini diikuti oleh wakil Dekan FSH, Kajur dan Sekjur FSH, Dosen HES, serta Mahasiswa Hukum Ekonomi Syariah.

“kegiatan pelatihan penggunaan software mendeley ini sangatlah berguna bagi mahasiswa akhir dalam menyusun tugas skripsinya, selain itu aplikasi ini juga berguna bagi dosen-dosen yang ingin menerbitkan karya tulis ilmiahnya” ujar pak Suriyadi, S.H.,M.H. saat diwawancara mengenai kegiatan pelatihan software mendeley (Rabu, 12 Oktober 2022).